Awas, Modifikasi Dapat Hanguskan Asuransi!

Rasoolway.com – Banyak orang yang memilih untuk melakukan modifikasi pada kendaraan yang ia miliki, khususnya mobil, untuk memperkeren penampilan dari kendaraan tersebut. Namun, sebelum melakukan modifikasi, pemilik kendaraan perlu mengetahui bahwa beberapa modifikasi dapat membuat asuransi yang diberikan pada kendaraan tersebut menjadi hangus.

Hal ini seperti yang disebutkan pada ‘Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia’, Bab III pasal 4 ayat 6, yang menyebutkan tentang acuan dari asuransi di Indonesia, yang mana bunyinya adalah ‘perlengkapan tambahan adalah perlengkapan pada kendaraan bersangkutan yang bukan merupakan perlengkapan standar pabrik tidak akan diganti’.

Pernyataan tersebut juga didukung oleh Laurentius Iwan Pranoto, selaku Marketing & Communication & PR Manager Asuransi Astra (Garda Oto) yang menyampaikan bahwa pergantian dari beberapa komponen kendaraan yaang tak sesuai standar dapat menghanguskan asuransi.

“Misalnya memasang audio atau mengganti lampu, ini bisa menjadi penyebab terbakar kendaraan. Ini mengganti sesuatu tidak standar dan tidak memberikan informasi ke pihak asuransi. Jika kasusnya seperti ini tidak di-cover,” kata Iwan.

Tetapi, walaupun ada aturan tersebut, bukan berarti para pemilik kendaraan tidak diperbolehkan untuk di modifikasi.

“Harusnya bilang ke kita (pihak asuransi). Karena kalau sampai kenapa-kenapa, atau mobil itu hilang atau terjadi sesuatu, kalau terjadi apa-apa akan kita ganti sesuai dengan kondisi kendaraan tersebut. Selain itu jika mengubah-ubah kendaraan (modifikasi) itu harus disurvei oleh kita,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *