Bensin dapat Basi, Benarkah?

Rasoolway.com – Ada kabar yang menyampaikan bahwa sebenarnya bahan bakar kendaraan (bensin) ternyata dapat basi. Hal ini kabarnya akan terjadi apa bila bensin dibiarkan dalam kurun waktu yanglama.

lalu bagaimanakah kebenaran dari berita tersebut?

Terkait dengan hal ini, Arya Dwi Pramita, External Communication Manager PT Pertamina Persero menyampaikan bahwa mereka tak pernah menjual bahan bakar timbunan. Hal ini dikarenakan setiap pasokan yang mereka kirim, akan segera habis dalam waktu dekat.

“Kenapa saya katakan begitu, karena sistem pendistribusian BBM di Pertamina menyesuaikan dengan penjualan harian. Kami menjaga kualitas BBM yang dikirim setiap hari, jadi enggak ada BBM yang dijual itu sudah tertimbun sampai satu bulan,” ujarnya di Bogor, Jawa Barat, Selasa, 27 Maret 2018.

Tak hanya itu, dia juga mengklaim bahwa kualitas dari bahan bakar milik pertamina akan selalu terjaga meskipun dibiarkan dalam kurun waktu cukup lama. Namun, efek yang paling ketara dan membahayakan adalah apa bila bahan bakar tersebut tercampur dengan air.

Hal ini juga dikatakan oleh Indra Pratama, Officer Commercial Retail Fuel Marketing PT Pertamina Persero.

“Misalnya tangki motor, kita isi setengah tapi dalam jangka waktu lama tidak terpakai. Pasti ada penguapan (sisa ruang kosong di tangki), dan penguapan ini menimbulkan air dan merusak kualitas bahan bakar,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *