Bersihkan Mobil Dari Abu Vulkanik, Jangan Langsung Di Lap!

Rasoolway.com – Saat terjadi gunung meletus di suatu daerah, biasanya daerah lai di sekitar daerah tersebut terkena imbasnya dengan guyuran hujan abu vulkanik. Abu vulkanik ini biasanya akan menutupi jalanan, ataprumah hingga kendaraan yang berada di tempat terbuka.

Nah, untuk kendaraan yang terkena abu vlkanik, sangat disarankan untuk segera di bersihkan, karena kalau tidak dapaat berakibat korosi pada kendaraan tersebut. Hal inidikarenakan karena abu vulkaning memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Iwan Abdurahman, selaku  Technical Service Division PT Toyota Astra Motor.

“Abu gunung mengandung asam yang sifatnya korosif. Sebisa mungkin diminimalisir terkena abu. Jika tidak bisa dihindari, segera cuci bersih. Akan terlihat karat, jika mobil terkena debu dan dibiarkan beberapa hari,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengimbau untuk tidak membersihkan kendaraan dari abu vulkanik dengan cara di Lap. Hal ini dikarenakan abu vulkanik memiliki stuktur yang tajam dan dapat menggores bodi kendaraan. Untuk ity ia lebih mengimbau untuk menyemprotkan air dengan tekanan untuk membersihkan abu dari kendaraan. Jika abu tak lagi terlihat, baru anda boleh menggunakan lap.

“Lap juga dicuci lebih sering, untuk meminimalkan debu yang menempel. Kolong mobil seperti kaki kaki, knalpot juga harus disemport air. Meskipun mobil tersebut ditutupi sarung atau cover, juga harus dibersihkan,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *