Cara Menghitamkan Ban Motor Secara Alami

Ban yang tampak hitam mengkilap tentu mampu membuat sebuah motor tampil lebih menarik. Langkah yang paling umum dilakukan agar ban tampak hitam alami adalah dengan mengaplikasikan semir ban yang diproduksi pabrik. Namun penggunaan semir dari pabrik biasanya tidak bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama sehingga anda perlu melakukan penyemiran secara berkala.

Selain menggunakan semir produksi pabrik, anda bisa menghitamkan ban motor dengan meracik semir sendriri. Tentu hasil yang didapat jauh lebih memuaskan.

Berikut ini cara menghitamkan ban motor secara alami.

Menggunakan Bensin dan Cat Kayu

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghitamkan ban mobil adalah dengan menyampurkan bensin, cat kayu warna hitam dan cairan pengkilap. Cairan pengkilap bisa anda dapatkan di toko peralatan kulit. Cairan pengkilap dipilih karena sifat ban yang hampir menyerupai kulit.

Campurkan bensin, cat dan cairan pengkilap dengan perbandingan 3:1:1 atau untuk 300 mm bensin anda perlu 100 mm cat kayu dan 100 mm cairan pengkilap. Campurkan ketiga cairan ini dalam sebuah wadah lalu diaduk hingga menyatu.

Sebelum mengoleskannya, bersihkan dahulu ban dengan mencucinya lalu menunggu hingga kering. Setelah mengoleskan secara merata anda akan melihat hasil yang sangat mengagumkan karena ban motor anda kini tampak hitam alami.

Menggunakan Minyak Goreng

Untuk menghitamkan ban agar tampak lebih alami dengan membawa ke bengkel tentu membutukan uang yang lebih banyak dibandingkan dengan melakukan perawatan sederhana di rumah. Minyak goreng yang ada di dapur anda selain dipergunakan untuk memasak ternyata sangat ampuh untuk menghitamkan kembali ban yang tampak kusam.

Caranya adalah dengan mengambil sedikit minyak atau kira-kira ½ gelas lalu mengoleskannya ke seluruh bagian ban. Anda bisa menggunakan lap yang bersih dan kering atau menggunakan spons. Sebaiknya anda mencelupkan kain atau spons ke dalam gelas sedikit demi sedikit agar tidak tertinggal bercak bekas minyak goreng.

Demikian informasi mengenai cara menghitamkan ban motor dengan bahan-bahan alami yang harganya sangat murah. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *