Datsun Cross Tidak Tergolong LCGC

Rasoolway.com – Beberapa hari yang lalu, Datsun telah meluncurkan produk teranyarnya di Indonesia. produk tersebut ialah Datsun CROSS yang mana merupakan kendaraan yang dibekali dengan mesin 1.198 cc. Kendaraan ini juga memiliki dua varian, yakni transmisi manual lima percepatan dan otomatis CVT. Mungkin, secara spesifikasi kendaraan tersebut terlihat sedikit mirip dengan pendahulunya, yakni Datsun GO dan GO+, namun apakah mesin yang digunakan sama dengan dua produk tersebut?

Terkait dengan hal ini, Nobuyuki Kawai, Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit Nissan Motor Co Ltd menyampaikan bahwa untuk kendaraan Datsun CROSS, terkhusus yang dibekali dengan transmisi CVT, telah mendapatkan pembaruan.

“Transmisi manual kami gunakan pada Datsun GO dan GO+. Transmisi CVT kami menggunakannya baru untuk Datsun Cross. Untuk mesin, benar-benar baru sistemnya. Meski mesin sama, tetapi pengaturan mesinnya berbeda untuk Cross,” kata Kawai di Jakarta.

Hal ini tentunya membuat adanya perbedaan antara Datsun Cross dengan dua produk sebelumnya. Namun, yang perlu di garis bawahi ialah, eskipun berbeda, namun mesin tersebut tetap mengeluarkan torsi yang sama.

“Di bagian mesin, kami banyak melakukan penyesuaian. Untuk sistem transmisi CVT, semuanya baru. Tenaga mesin ada kenaikan sekitar 10 daya kuda, dengan transmisi CVT menjadi 78 daya kuda. Torsinya sama, 104 Newton meter,” tuturnya.

Kendaraan ini merupakan produk ketiga dari Datsun yang dilakukan produksi secara lokal, lalu produk ini juga tak tergolong dalam LCGC karena dihargai dengan harga yang lebih tinggi yakni Rp163 juta untuk varian termurahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *