Di Malaysia, Mengemudi Kendaraan Sambil Main Hp Dendanya Hampir Rp 1 Juta

Rasoolway.com – Seperti yang kita tahu, bahwa sebenarnya megemudikan kendaraan sambil menggunakan Hp menjadi hal yang dilarang. Hal ini dikarenakan bermain hp dapat memecah konsentrasi bagi pengendara kendaraan.

Beberapa negara kini memiliki cara sendiri dalam memberantas pelanggaran seperti ini. Namun, kebanyakan dari mereka adalah dengan menggunakan teknologi CCTV yang di pasang di beberapa tempat strategis.

Hal ini seperti yang di berlakukan di negara tetangga Indonesia yakni Malaysia. Di negara tersebut, teknologi kamera perekam (CCTV) yang mereka gunakan ada dua tipe, yakni statis dan dinamis. Tidak tanggung, bagi pengendara yang kedapatan menggunakan Hp, maka mereka akan di kenai denda yang cukup besar, yakni 300 RM ataau jika dirupiahkan mencapai Rp 980 ribuan.

“Kami melarang setiap pengendara yang menggunakan handphone-nya saat sedang berkendara. Kami sudah memberikan pemberitahuan akan hal itu namun masih banyak yang mengabaikannya. Ketika sedang menyetir fokus itu ke jalan bukan ke handphone,” ungkap Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Liow Tiong Lai dilansir Paultan.

Meski begitu, ia tak menampik bahwa penggunaan GPS dalam mengemudi kendaraan masih diperbolehkan, namun salah satu syaratnya ialah hp harus ditaruh di phone holder.

“Angka kecelakaan masih sangat tinggi. Dari Januari hingga September tahun ini sudah terjadi 5.310 kejadian fatal. Kami ingin menguranginya sebesar 10 persen setiap tahunnya dan itu cukup menantang. Jika tak ada pengendara yang melanggar jalanan lebih aman untuk semua penggunanya,” jelas Liow.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *