Dilarang Keras Mudik Dengan Kendaraan Terpasang Lampu Rotator

Rasoolway.com – Jelas-jelas dilarang, nyatanya lampu rotator masih banyak yang memasangkannya di kendaraan pribadi dari mereka. Padahal sebenarnya, kendaraan tertentu saja yang diperkenankan untuk memasang lampu ini.

Pemasangan alat tersebut pada sebuah kendaraan pribadi biasanya bertujuan supaya mendapat keistimewaan tersendiri di jalan raya. Padahal hal tersebut sangat tidak dibenarkan. POihak hukum pun telah menyatakan hal tersebut sebagai pelanggaran. Jadi berarti memasang lampu rotator pada kendaraan pribadi itu dilarang, baik iotu untuk sehari-hari maupun mudik.

“Untuk hari-hari biasa saja tidak boleh, apalagi untuk mudik, sudah jelas melanggar,” ungkap Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, Brigjen (Pol) Chrysnanda Dwilaksana

Meski sudah ada tindakan tegas terkait pelanggaran tersebut, namun nyatanya masih banyak pelanggaran yang terjadi.

“Dari dulu sudah ditertibkan. Manusia lebih senang melanggar selama masih ada kesempatan. Harusnya sekarang budayakan malu,” sambung Chrysnanda.

Lampu ini terdapat tigfa jenis warna yakni merah, kuning, dan biru. Penggunaannya adalah untuk kendaraan tertentu seperti Warna biru dan merah digunakan untuk mobil tahanan, pengawalan TNI, Pemadam Kebakaran, Ambulan, Palang Merah, dan Jenazah. Warna kuning tanpa sirine digunakan untuk mobil patroli jalan tol, pengawasan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek kendaraan, dan angkutan barang khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *