Ekspor Ke Vietnam Bermasalah, Toyota Serahkan Pada Pemerintah

Rasoolway.com – Ditahun ini, aturan di Vietnam terkait mobil-mobil yang dijual dinegara tersebut makin ketat. Hal ini berdampak dengan dipersulitnya proses ekspor mobil dari Indonesia menuju negara tersebut. Terkait dengan hal ini, Toyota menyerahkan masalah ini untuk diselesaikan oleh pihak pemerintah.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Warih Andang Tjahjono, selaku Presdir PT TMMIN. Menurutnya, ia sangat optimis bahwa pemerintah Indonesia akan segera menyelesaikan permasalahan ini.

“Kan pemerintah sudah mendiskusikan masalah ini ya kita selesaikan lah, jadi ya kita selesaikan lah,” ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Sebagai informasi, bahwa ketatnya aturan di Vietnam baru ditetapkan tahun ini, Hal ini membuat kegiatan ekspor di tahun lalu menuju negara tersebut terbilang masih cukup lancar.

“Tahun kemarin masih oke kan masih belum realisasi untuk aturan itu,” lanjut Warih.

Perlu diketahui, bahwa mulai tahun ini, semua mobil yang akan ddi jual di negara tersebut harus melalui tes laik jalan. Hal ini harus tetap dilakukan meskipun pengetesan tersebut telah dilakukan di negara pengekspor.

“Mulai Januari 2018 mengatakan bahwa setiap pengapalan mobil ke sana, harus dilakukan tes uji laik jalan di Vietnam, setiap pengapalan, kalau dulu kan tidak, satu model uji kan sudah, sekarang setiap pengapalan, kalau tidak lulus satu kapal dipulangkan,” ujar Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiharto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *