Gonta-ganti Jenis Bensin, Boleh atau Tidak?

Rasoolway.com – Bahan bakar kendaraan bermotor di Indonesia (bensin) terdiri dari berbagai tingkatan dari Premium, Pertalita, hingga Pertamax. Terkait dengan hal ini, dengan berbagai alasan terkadang seseorang mengisi kendaraannya dengan bergonta ganti jenis bensin.

Lalu, bolehkah sebenarnya melakukan hal tersebut?

Menjawab pertanyaan tersebut, Dadan Danil selaku Technical Training Roda Dua PT Suzuki Indomobil Sales menyampaikan bahwa hal tersebut sebenarnya tidak terlalu bermasalah.

“Kalau untuk motor injeksi, enggak bermasalah, selagi masih dalam batas oktan minimal yang dikeluarkan pabrikan. Biasanya, di buku petunjuk pemilik ada, ” katanya, Selasa 22 Mei 2018.

Terkait denganhal ini, pria tersebut menyampaikan bahwa sebenarnya yang wajib untuk diperhatikan ialah batas oktan yang menurutnya justru akan menimbulkan kerak jika sering menggunakan bensin dibawah stndar yang dianjurkan.

“Kalau kerak, tanpa gonta-ganti BBM juga pasti ada. Yang pasti paling banyak keraknya adalah BBM dengan oktan paling rendah.  Jadi, pada dasarnya enggak masalah, hanya saja baiknya pakai Pertamax, ” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *