Hal Ini Dapat Hindarkan Rantai Kendaraan dari Karat

Rasoolway.com – Pada kendaraan roda dua, Rantai menjadi bagian yang sangat penting karena fungsinya adalah untuk menggerakkan roda. Namun, terkadang rantai kendaraan seperti sepeda motor kerap kali terjangkit masalah, berupa timbulnya karat yang tentunya akan membuat kinerja dari bagian tersebut jadi terhambat.

Terkait dengan hal ini, berbagai perlakuan terkadang dilakukan oleh pemilik kendaraan supaya motornya tetap awet dan terhindar dari karat, dimana salah satunya adalah dengan diberikan pelumas yang khusus untuk rantai.

“Pemilik kendaraan disarankan menggunakan pelumas rantai seperti Chain Lube. Hanya saja penggunaannya harus diperhatikan. Sebelum menggunakan pelumas rantai ini, pemilik kendaraan harus membersihkannya terlebih dahulu dengan lap, agar tidak ada kotoran saat menggunakan pelumas rantai,” kata Service Advisor R Series, Adit.

Tujuan dari membersihkan rantai sebelum diberikan pelumas adalah supaya tak menimbulkan tumpukan kotoran yang justru akan membuat rantai menjadi tidak awet.

“Kalau langsung pakai pelumas rantai tanpa dibersihkan dahulu kotoran semakin menumpuk sehingga rantai cepat aus dan biasanya bunyi. Jadi dibersihkan pakai lap saja, baru ditambah dengan pelumas rantai,” ujarnya menjelaskan.

Selain itu, adit juga menyampaikan bahwa pemberian pelumas pada rantai menjadi hal yang sangat penting untuk diakukan, terutama saat tengah memasuki musim hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *