Hanya Punya Dua Roda, Jadi Alasan Motor Lebih Rawan Kecelakaan?

Rasoolway.com – Kendaraan sepeda motor, ternyata memiliki peluang kecelakaan yang lebih besar jika dibandingkan dengan kendaraan beroda empat. Apa alasannya? hal ini dikarenakan jumlah roda pada sepeda motor hanya berjumlah dua buah.

Dengan jumlahnya yang hanya dua buah, maka untuk mengoperasikan kendaraan ini pengendara harus memiliki keseimbangan yang baik. Selain itu, kecepatan juga menjadi salah satu yang perlu diperhatikan untuk mengoperasikan sepeda motor. Maka dari itu, berkendara sepeda motor perlu berkonsentrasi dengan baik.

“Secara alamiah, roda dua lebih ringkih terlibat kecelakaan terutama karena kestabilan yang tak terjaga. Karena itu, kata kuncinya ada pada kemudahan dan kenyamanan mengendalikan kendaraan,” ucap Edo Rusyanto, pemerhati keselamatan berlalu lintas, Senin (1/1/2018).

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengendarai sepeda motor, yang wajib untuk diperhatikan ialah anda harus benar-benar mampu mengoperasikan kendaraan tersebut. Selain itu, pengendara juga harus paham benar mengenai kendaraan tersebut. Selanjutnya, ia juga harus memahami rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalanan.

Saat mengendarai sepeda motor di jalan raya, diharapkan supaya pengendara jangan hanya memikirkan egonya sendiri, ia harus sadar bahwa yang berada di lokasi tersebut bukan hanya dirinya.

“Teruslah jaga kestabilan kendaraan demi keselamatan bersama saat berlalu lintas jalan. Hal yang bisa kita lakukan adalah kenali risiko dan cegah risiko terutama fatalitas yang ditimbulkan oleh kecelakaan di jalan,” kata Edo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *