Hindarkan Mobil Kesayangan Anda Dari Tikus!

Rasoolway.com – Tikus merupakan binatang yang terkenang dapat merusak apapun. Bahkan binatang ini juga berkemungkinan untuk merusak komponen kendaraan yang berimbas kepada kerusakan atau korsleting pada kendaraan tersebut. Tikus biasanya senang bersarang pada kendaraan roda empat yang jarang di operasikan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh  Service Manager Plaza Toyota, Parman Suanda.

“ Kemungkinan (selain dipakai) mobil jarang dihidupkan untuk sekedar dipanaskan,” ungkap Parman

Selain itu, tikus juga bisa menyusup ke dalam mobil karena mobil diletakan di tempat yang banyak sampah. Seperti yang kita ketahui, bahwa tempat yang kotor merupakan sarang favorit bagi tikus.

“Jadi sebaiknya area garasi itu bersih dan rapih,” ujar Parman.

Lalu, bagaimana kiat supaya mobil kita terhindar dari serangan tikus? Perhatikan tips berikut!

1. Panaskan Mobil Secara Rutin

Para pemilik mobil sangat disarankan untuk sekedar memanaskan mobil setiap harinya meskipun kendaraan tersebut tidak akan digunakan. Hal ini ditujukan karena tikus sangat menyukai mobil yang jarang dinyalakan.

2. Jaga Kebersihan Ruang Mesin

Melakukan pengecekkan secara rutin di area mesin sangat perlu dilakukan. Jangan sampai diarea tersebut berserakan sisa-sisa makanan atau yang lainnya.

3. Tutup akses masuk

Jika mobil anda terletak di garasi tertutup, jangan lupa tutup pintu garasi tiap malam. Namun jika mobil diletakan di garasi terbuka, alangkah baiknya anda menabur kapur di sekeliling mobil.

4. Siapkan perangkap

Anda juga dapat memasang perangkap tikus diarea mesin mobil.

5. Gunakan Mengkudu

Buah mengkudu ternyata sangat dibenci tikus lho… jadi anda dapat memotong buah tersebut dan diletakannya di sebuah wadah. Nantinya, wadah tersebut dapat anda gunakan di tempat yang biasa dilalui tikus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *