Ini Cara Parkir Mobil Yang Benar, Perhatikan Posisi ban!

Rasoolway.com – Memarkir sebuah mobil, tentunya ada tata caranya, tidak asal berhenti. Sebagai contoh adalah memarkir mobil di tempat yang datar (tidak miring). Yang harus diperhatikan adalah posisi ban pada sebuah mobil tersebut upayakan dalam kondisi lurus.

Seperti yang dikatakan oleh Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), Jusri Pulubuhu, yang mewajibkan memarkir mobil dengan ban lurus dalam sebuah tempat yang datar. Namun, ia juga tak memungkiri bahwa dalam kondisi tertentu, kita justru dianjurkan untuk memarkir mobil dengan ban yang miring.

“Kondisi parkir miring (ban menyerong) justru direkomendasi pada situsional, misalnya saat parkir di lembah atau tanjakan. Ketika parkir di tanjakan, harus parkir dengan posisi ban berbelok ke badan jalan, dengan demikian sudut dalamnya mengarah ke sisi tebing, parit, atau yang lain,” papar Jusri.

“Sementara itu, saat di turunan arah roda depan ke arah tebing, parit, atau pasir. Alasannya, agar saat rem atau komponen perlambatan mobil tidak bisa menahan bobot bodi (mobil mengarah ke tempat yang aman),” tambahnya.

Dirinya kembali menegaskan bahwa memarkir dengan kondisi ban di serongkan itu hanya dianjurkan dalam berbagai hal, jika pada keadaan lahan yang normal, ia tetap mewajibkan memarkir mobil dengan ban yang lurus.

“Perlu diingat, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ketika memarkir kendaraan, sebelum melakukan perjalanan lagi, pengemudi harus mengelilingi seluruh area kendaraan, termasuk kolong mobil untuk memastikan kondisi yang aman di sekitar mobil,” tegas Jusri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *