Ini Sebenarnya Fungsi Rambut Halus Pada Ban Baru

Rasoolway.com – Ketika membeli ban luar yang baru, pastinya di kita akan melihat keberadan dari rambut-rambut halus yang terdapat pada sekitar ban. Sebenarnya, apa fungsi sesungguhnya dari bagian berupa rambut halus tersebut?

Menjawab pertanyaan ini, Ade Mahendra, selaku Public Relations and Plant Management Team PT Hankook Tire Indonesia menyampaikan bahwa rambur-rambut halus yang terdapat pada ban terbentuk saat ban tersebut memiliki fungsi yang penting saatsedang di produksi.

“Waktu proses produksi ban, saat ban dimatangkan, ada udara yang terperangkap di dalam. Nah, rambut-rambut itu sebenarnya saringan pembuangan udaranya. Begitu angin keluar dari ban, karet akan keluar jadi mirip rambut,” kata Ade di Cikarang, Jawa Barat, Rabu 11 Juli 2018.

Namun pihak pabrik tentuya tak membiarkan begitu saja bagian itu, mereka selanjutnya akan membersihkan bagian rambut halus yang berada pada telapak ban. Pasalnya, jika dibiarkan, maka ketika sedang digunakan ban tersebut jadi tidak seimbang.

“Harus dihilangkan, karena keseimbangannya nanti enggak bagus ya. Ada proses pengguntingan rambut halus tersebut, sebelum ban siap diedarkan. Biasanya, yang digunting yang bagian kembangannya saja, yang di pinggir tetap dibiarkan,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *