Inilah Bahaya Jok Yang Jarang Dibersihkan Dari Segi Medis

Rasoolway.com – Bagian jok mobil, terkadang menjadi bagian yang luput dari perhatian. Padahal, demi menunjang kenyamanan dalam berkendara, bagian tersebut menjadi bagian yang harus diperhatikan dan dibersihkan secara rutin.

Terkait dengan kebersihan jok, ternyata hal ini sangat penting untuk dijaga. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Nur Dalilah, selaku dokter spesialis kulit. Wanita tersebut akan memberikan informasi terkait dengan dampak tidak menjaga kebersihaan jok mobil dari segi medis.

“Jok mobil yang jarang dibersihkan akan berbeda dengan yang sering dibersihkan,” kata dokter Dalilah.

Selain itu, wanita tersebut juga menyampaikan bahwa pemilihan jenis bahan yang digunakan sebagai sarung jok menjadi hal yang sangat berpengaruh. Menurutnya ada jenis bahan yang sangat berpotensi untuk menjadi tempat tinggal bagi kutu maupun tungau.  Bahan tersebut ialah yang berjenis kain beludru.

“Kalau yang berbahan kulit sintetis dengan tampilan licin dan mengilap biasanya lebih aman daripada yang bahan beludru,” ujarnya.

Jok mobil yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya menurutnya akan berpotensi membuat alergi pada kulit. Dengan begitu, maka kulit akan menjadi gatal ketika terjadi kontak dengan bagian tersebut.

“Solusinya, jika tidak memungkinkan ganti jok, dapat dibantu membersihkan dengan pembersih jok lewat bantuan servis khusus pembasmi hama atau di-vacuum rutin. Sejauh ini ada keluhan terkait dengan alergi biasanya karena debu atau tungau dari jok atau sofa,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *