Inilah Fungsi Suara Mesin Yang Keras Dari Motor Harley

Rasoolway.com – Saat ini, tak sedikit pemilik kendaraan yang dengan sengaja memasang sirine dan lampu strobo pada kendaraan pribadi mereka. Padahal, dua benda tersebut dalam pengoperasiannya memiliki fungsinya sendiri dah hanya dapat disematkan di kendaraan tertentu saja.

Terkait dengan hal ini, selaku APM dari merek Harley Davidson di Indonesia, Anak Elang Harley Davidon, berharap kepada pemilik kendaraan untuk tak menyematkan dua benda tersebut pada kendaraan mereka, terutama pada produk-produk motor gede. Hal ini seperti yang disampaikan oleh  Sahat Manalu, Dealer Principal Anak Elang Harley Davidon of Jakarta.

“Kami mendukung kebijakan no strobo, no sirine. Tetapi untuk Harley Davidson, yang sulit terkait suara. Karena kapasitas mesin besar, suara knalpot jadi besar,” kata Sahat di Jakarta.

Pria tersebut juga menyampaikan bahwa menurutnya hampir semua moge memiliki suara mesin yang cukup keras karena memiliki mesin yang berukuran besar.

“Sebenarnya ini sangat membantu bikers untuk menghindari dari kecelakaan yang enggak perlu terjadi. Kenapa? Karena suara besar, orang lain sudah tahu. Jadi bisa menghindari kecelakaan,” ujarnya.

Pendapat lain menyampaikan bahwa penyematan Lampu strobo dan sirine hanya dapat diakukan pada kendaraan tertentu seperti kepolisian maupun badan lain yang secara hukum telah diizinkan untuk menggunakan dua benda tersebut. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Komjen (Purn) Nanan Sukarna, Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia.

“Saya sudah bilang no strobo dan no sirine, kecuali pengawal. Tapi ada satu, dua bikers yang pakai karena dia ingin memperlihatkan dirinya, biasalah manusiawi. Begitu grup, maka tanggung jawabnya grup.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *