Isi Bensin, Mesin Mobil Harus Off

Rasoolway.com – Berdasarkan aturan yang tertera di pom bensin, pengendara yang kendaraannya sedang di isi bensinya diwajibkan untuk mematikan mesin kendaraannya. Sayangnya, banyak pemilik mobil yang tak mengindahkan peraturan tersebut dan tetap nekad untuk menyalakan mesin mobilnya ketika sedang dilakukan pengisian.

Namun, bahayakah hal tersebut?

Sebuah peraturan dibuat pasti ada alasannya. Begitu pula peraturan untuk mematikan kendaraan saat melakukan pengisian bensin. Kepala Bengkel Resmi Toyota Auto 2000, di kawasan Tangsel, Wahono menyampaikan bahwa kondisi menyalakan mobil ketika sedang pengisian BBM akan berpotensi menimbulkan kebakaran di pombensin tersebut.

“Jadi sebaiknya mobil bermesin bensin atau diesel, langsung matikan mesin saja. Demi keamanan bersama,” papar Wahono.

Kebakaran tersebut dapat terjadi karena mesin mobil yang menyala berpotensi untuk menimbulkan percikan api. Percikan api di kawasan yang mengandung banyak gas mudah terbakar tentunya memiliki potensi yang tinggi untuk berdampak menjadi kebakaran.

“Bisa saja menimbulkan percikan bunga api dan menyebabkan kebakaran,” ucapnya.

Karena itulah peraturan larangan menyalakan kendaraan saat pengisian BBM akhirnya dibuat. Semua itu demi keamanan dan keselamatan dari para pengendara dan orang-orang di sekitarnya itu sendiri.

Setelah membaca informasi ini, bagi anda yang yang masih ngeyel untuk menyalakan mobil ketika sedang mengisi bensin, sebaiknya dan harus menghentikan kebiasaan yang keliru tersebut. Hal ini demi keamanan dan keselamatan dari anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *