Jangan Beri Minum Korban Kecelakaan!

Rasoolway.com – Menjadi tempat lalu lalangnya kendaraan bermotor, membuat jalanan raya kerap terjadi kecelakaan, tak jarang terjadi kecelakaan. Sebagai mahluk sosial, tentunya kita harus membantu dan menolong ketika melihat orang yang kecelakaan di jalan raya. Namun, tahukah anda, bahwa pertolongan pertama yang biasa kita lakukan kepada korban kecelakaan justru dapat membahayakan orang tersebut?

Biasanya, ketika melihat orang yang kecelakaan kita akan menolong dengan membawanya ke tempat yang lebih aman, dan memberinya minum. Namun, tahukah anda bahwa hal tersebut menjadi suatu yang tak dianjurkan?

“Tergantung dari kondisi pasiennya. Seharusnya enggak boleh, karena ketika air itu diminum takut tersedak dan masuk ke saluran pernapasan, itu malah berbahaya. Kita harus tahu apakah ada gejala napas yang tersumbat atau tidak,” ujar Yandi, paramedis suatu rumah sakit.

Langkah paling tepat ketika melihat kecelakaan dan melihat bahwa korban mengalami benturan, maka langkah yang tepat adalah dengan menghubungi segera pihak medis.

Pernyataan seirama juga disampaaikan oleh Jusri Pulubuhu, selaku Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) yang mengatakan bahwa sangat berbahaya memberikan minum terhadap orang yang kecelakaan, karena ada kemungkinan terjadi pendaraahan di dalam tubuh korban.

“Dikasih air putih juga jangan, kalau ada pendarahan di dalam berbahaya apalagi meletakkan kepalanya di pangku atau pakai alas yang lebih empuk. Karena bisa saja saluran pernapasannya jadi tertutup, karena posisi kepalanya yang tidak lurus dengan badan,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *