Jangan Lipat Retractable Mirror Secara Manual

Rasoolway.com – Retractable mirror, atau kaca spion lipat elektrik saat ini sudah banyak terdapat pada mobil-mobil di Indonesia. Dengan spion yang menggunakan teknologi tersebut, memungkinkan pemilik kendaraan dapat melipat atau membuka spion mobilnya hanya memencet tombol lock pada kontak mobilnya.

Namun, ada juga retractable mirror yang mana tombol pengoperasiannya berada di dalam kabin. Jadi, saat ingin melipat sspion mobilnnya, pengemudi harus terlebih dahulu memasuki kabin demi melipat spion.

Terkait dengan hal ini, ada saran dari Anjar Rosjadi, selaku Technical Service Executive Coordianator PT ADM, yang menyarankan terhadap pemilik atau pengemudi mobil yang dibekali spion lipat elektrik otomatis untuk terlebih dahulu melipat spionnya sebelum meninggalkan mobil di parkiran. Hal ini dikarenakan untuk menghindari kerusakan pada bagian tersebut karena dilipat secara manual oleh tukang parkir atau lainnya.

“Cara seperti itulah yang dapat merusak spion elektrik. Kalau ada ‘paksaan’ ketika melipatnya maka berpotensi merusak gear di dalam spion,” kata Technical Service Executive Coordianator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, Sabtu, 7 Juli 2018.

Kendati demikian, ada tanggapan lain terkait dengan hal ini. Seperti yang disampaikan oleh Didi Ahadi, Dealer Technical Support PT TAM yang menyampaikan bahwa sebenarnya tak terlalu bermasalah ketika melipat retractable mirror secara manual asal jangan terlalu sering.

“Enggak masalah karena ada mekanisme manual. Tapi jangan keseringan juga dilipat manualnya,” ungkap dia, mengingatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *