Jusri Pulubuhu Setuju Plat Nomor kendaraan Memiliki Warna Dasar Putih

Rasoolway.com – Seperti yang kita tahu, bahwa pihak kepolisian memiliki rencana untuk mengubah warna dasar plat nomor kendaraan yang ada di Indonesia. Saat ini, plat nomor kendaraan di Indonesia memiliki warna dasar hitam. Namun kedepannya kabarnya warnanya akan diubah jadi putih.

Terkait dengan hal ini, Jusri Pulubuhu, selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting mengaku sangat setuju dengan rencana ini. Pasalnya, dari semua sisi, warna putih tentunya akan lebih terlihat di jalanan dibandingkan dengan warna hitam.

“Kalau bicara dari sudut pandang safety di jalan raya, kemampuan mata membaca warna khususnya dari jarak jauh  adalah warna-warna yang didominasi oleh putih, kuning, kemudian merah, enggak ada hitam,” kata Jusri Jumat 27 Juli 2018.

“Dari sisi visibilitas ini jelas membantu. Kalau memang benar diterapkan, saya rasa bisa lebih mudah dideteksi oleh mata maupun kamera pengawas di jalan raya,” ucapnya.

Begitu pula menurutnya jika berkaca yang terjadi di negara lain dimana saat ini sudah banyak yang menerapkan plat nomor dengan warna dasar cerah seperti halnya putih.

“Di luar Indonesia, kebanyakan warna dasarnya putih, kemudian tulisannya merah, biru, atau hijau. Jadi warna yang paling menonjol yang memang dominan putih,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *