Kapan Mazda Buat Pabrik di Indonesia?

Rasoolway.com – Sebagai merek yang sudah menjual produknya di Indonesia, sampai saat ini Mazda belum memiliki pabrik sendiri di Indonesia. Dengan kata lain, semua produk yang di jual di Indonesia sampai saat ini masih di impor secara utuh dari negara lain.

Hal ini memunculkan pertanyaan bahwa sebenarnya kapan mereka membangun pabrik sendiri di Indonesia? Terlkait dengan hal ini, Presiden Direktur PT EMI (APM Mazda di Indonesia), Roy Arman Arfandy, sempat menyampaikan bahwa sebenarnya pihaknya telah membicarakan hal ini dengan pihak pusat, namun sayangnya belum ada kepastian tentang hal ini.

“Setiap ada keputusan baru dari pemerintah seperti pajak, Euro 4, dan lainnya kita selalu lapor ke prinsipal. Kita sharing, termasuk untuk membuat pabrik perakitan di Indonesia. Hasilnya, kita sepakat bahwa ingin melangkah ke sana,” katanya kepada wartawan di IIMS 2018, JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

“Tapi belum ada obrolan untuk harus berapa volume yang dicapai tiap tahun, gitu-gitu. Kalau volume-nya dirasa sudah cukup, kita pasti akan melakukannya karena ini sangat memungkinkan,” lanjut Roy.

Terlepas dari hal tersebut, Roy menyampaikan bahwa sudah saatnya, pasti pabrik Mazda akan berdiri di tanah air. Bahkan pria tersebut juga enjanjikan bahwa jika pabrik Mazda telah hadir, ia menjamin harga dari produk Mazda akan turun karena tak dikenai pajak impor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *