Kemungkinan Safety Car Formula 1 Disemati Teknologi Otonom

Rasoolway.com – Saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan tektologi memang semakin pesat. Dengan kondisi ini, ternyata menimbulkan dampak terhadap dunia otomotif yang semakin canggih juga. Sebagai contoh adalah yang saat ini sedang marak di kembaangkan yakni teknologi mobil otonom.

Kabarnya, kendaraan ini berkemungkinan untuk disematkan pada safety car pada ajang balap F1. Hal tersebut sesuai dengan yang disampaikan oleh Kepala Departemen Teknikal Formula 1 yakni Marcin Budkowski. Dengan disematkannya teknologi tersebut, menurutnya akan dapat menjadi ajang promosi terhadap kendaraan otonom.

“Kami telah berbicara tentang sebuah safety car tak berawak. Ini akan mempromosikan sebuah teknologi yang sedikit skeptisisme dan sebalinya hal itu dapat ditunjukkan bahwa teknologi itu berhasil,” kata Budkowski dalam sebuah wawancara dengan Motorsport.com.

Namun, untuk mobil balapnya, pria tersebut menyampaikan bahwa kemungkinan besar teknologi otonom tidak akan disematkan pada kedaraan tersebut. Hal tersebut dikarenakan apabila mobil balap F1 disematkan teknologi otonom, akan mengurangi tingkat kemenarikan ajang balap F1.

“Pengemudi pada safety car otonom tak lagi dibutuhkan, karena komputer yang akan mengontrolnya. Tapi kita harus sadar akan daya tarik mobil balap tanpa sopir: para insinyur mungkin menyukainya, tapi bukan penggemarnya,” jelasnya.

“Saya melihatnya (Roborace) sebagai hal yang sangat menarik, yang mendorong sesuatu ke satu arah. Tapi bisakah ide tidak memiliki pebalap ini diterapkan di F1 yang memikat jutaan orang di seluruh dunia? Terus terang saya ragu,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *