Kesiapan Toyota Untuk Masuk Ke Mobil Listrik

Rasoolway.com – Saat ini berbagai model kendaraan ramah lingkungan sebagai konsep mulai di tawarkan di Indonesia. Hal ini merupakan imbas dari pemerintah yang menargetkan bahwa pada tahun 2025 nanti sebanyak 20 persen dari total penjualan kendaraan adalah berupa mobil listrik.

Mengenai hal ini, Toyota sebagai pabrikan mobil menanggapi secara positif. Bahkan, mereka berujar kalau Toyota telah siap menyambut era mobil listrik di Indonesia.

“Asalkan infrastruktur dan kebijakan pemerintahnya mendukung, kami pasti akan siap. Karena apabila kita sudah siap dan ternyata kedua hal tersebut belum mendukung, sama saja bohong,” ujar Bob.

Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia saat ini mobil kelas MPV menjadi segmen paling digemari. Apakah dengan kondisi seperti ini mobil listrik akan dibuat dalam bentuk MPV?

“Secara teknologi sih memungkinkan (produksi mobil listrik untuk MPV). Tetapi infrastrukturnya memungkinkan apa tidak. Itu yang menentukan, bukan ukuran dan tipe mobilnya. Kesiapan dan edukasi para pengendaranya juga penting,” ujar Bob.

“Di Negara tetangga saja, Thailand, itu butuh waktu sekitar 4 – 5 tahun untuk dapat beralih dari mobil berbahan bakar minyak ke mobil hybrid. Memang butuh waktu,” tambahnya.

Namun, untuk di Indonesia, pria tersebut belum bisa memberikan prediksi bahwa masa transisi dari kendaraan bermesin bakar menuju kendaraan listrik akan terjadi dalam kurun waktu berapa lama.

“Namun tidak akan bisa loncat secara instan dari mobil bensin ke Electric Vehicle (EV). Pasti harus mempunyai tahap dan proses seperti ke tipe hybrid dulu, baru setelah itu ke EV,” tambah Bob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *