Lewat jalur Yang Diguyur Hujan Abu Vulkanik, Jangan Lupa Pakai Kacamata

Rasoolway.com – Menjadi jalur pertemuan lempeng dunia, membuat Indonesia banyak menghasilkan rangkaian gunung api. Dengan begitu, Indonesia juga negara yang memiliki kemungkinan yang besar untuk terkena bencana letusan gunung berapi. Seperti yang saat ini sedang di alami di Bali dimana gunung terbesar di pulau tersebut yakni Gunung Agung sedang mengalami erupsi. Dari sisi pengendara, hal ini tentunya menjadi perhatian sendiri ketika akan berkendara di sekitar daerah tersebut yang biasanya banyak dihujani aabu vulkanik.

Disampaikan oleh Andry Berlianto, selaku Instruktur Rifat Drive Labs menyebutkan bahwa saat berkendara di daerah yang diguyur hujan abu vulkani, kita harus tetap fokus. Selain itu, kehati-hatian juga perlu di utamakan ketika berkendara.

“Pandangan sama seperti biasa yaitu sejauh mata bisa memandang dibarengi dengan kecepatan rendah untuk mengurangi risiko kecelakaan,” kata Andry.

“Gunakan kecepatan rendah. Maksimalkan di kecepatan 30-40 km/jam. Jaga jarak antar kendaraan karena saat pengereman pasti efeknya berbeda dengan kondisi normal,” sebut Andry

Alat pelindung mata seperti kacamata juga perlu di kenakan untuk melindungi mata kita supaya tidak kemasukan abu vulkanik tersebut. Selain itu, karena jarak pandang pastinya akan terganggu, menyalakan lampuĀ  juga perlu dilakukan.

“Jika area tertutup debu selama berhari-hari maka tambahkan masker di dalam helm agar tidak menghirup udara berkualitas buruk yang dapat mengganggu pernafasan,” ujar Andry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *