Lexus LS 500 Hadir 11 Tahun Setelah Pendahulunya Yakni LS 460

Rasoolway.com – Sebagai produsen mobil yang terkenal dengan kelas premiumnya, Lexus menghadirkan LS 500 yang diperkirakan sebagai penerus dari LS 460 yang beberapa tahun yang lalu pernah HITS. Untuk LS 460 ini mereka menyebut kendaraan tersebut dengan julukan New Generation of Lexus Flagship.

Disampaikan oleh General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja, bahwa mereka perlu 11 tahun untuk meluncurkan penerus dari LS 460 dikarenakan dalam mengembangkan mesin turbo teranyar, mereka perlumelakukan investasi dengan nominal yang sangat fantastis.

“Dari sisi mesin, mobil ini diciptakan dengan menggendong engine baru. Lexus menghabiskan biaya yang begitu banyak, dan butuh waktu lama untuk mengembangkan turbo engine 3.5L,” ujar Adrian, Kamis (10/8/2017).

“Dibanding dengan jajaran model Lexus lainnya, kami harus menyempurnakan semua turbo yang ada, sampai pada akhirnya ini bisa disebut sebagai turbo engine terbaik di dunia. Pasalnya mesin turbo ini tidak ada turbo lag sama sekali,” tutur Adrian.

Pria tersebut menambahkan bahwa setiap mesin turbo dapat dipastikan memiliki kekurangan pada lag-nya. Apa itu lag? Lag merupakan adanya perlambatan pada respon throttle jika dibandingkan denganmesin naturally aspirated.

“Dengan mesin baru tersebut, kompensasinya adalah kami harus membuat engine sendiri in-house di dalam pabrik kami, dengan investasi yang sangat besar. Biasanya kalau pabrikan atau merek lain pengadaan turbo-nya outsource, tapi kami tidak untuk produk ini,” ujar Adrian.

Kendaraan tersebut menggendong mesin bensin 3.5 L V6 Turbocharged, yang dikombinasikan dengan transmisi 10 percepatan otomatis. Dengan kenyataan tersebut, kendaraan ini mampu menghasilkan tenaga 415tk, torsi 600 Nm. Namun, untuk yang versi Hybridnya, kendaraan ini bertenaga 356tk dengan torsi 350 Nm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *