Mengejutkan, Ini Fungsi Busa Dalam Helm!

Rasoolway.com – Salah satu perangkat pengaman yang terpenting dan harus digunakan ketika mengendarai sepeda motor adalah helm. Jika diamati semua helm, dibagian dalam pasti terdapat busa. Lalu, tahukah anda fungsi utama dari busa tersebut? Jika belum tahu, simak hal berikut!

Dijelaskan oleh Andry Berlianto selaku Instruktur Rifat Drive Lab (RDL),  mengatakan bahwa fungsi utama dari busa tersebut ialah sebagai peredam getara bila mana terjadi benturan apa bila terjadi kecelakaan. Wahhh berarti penting banget ya…

“Ketika kita jatuh, kepala kita terkena aspal, itu helm akan berfungsi sebagai pelindung pertama, jadi di kepala tuh kayak getar, nah busa yang ada di dalam helm itu meredam getaran tadi,” ujarnya di Acara Jakarta Otomotif Super Sale (JOSS), di Jakarta.

Lalu bagaimana jika tidak terdapat busa dalam helm? Jika helm tidak berbusa, berarti tidak ber peredam. Maka jika terjadi benturan, akan terjadi getaran yang bisa memperparah luka di dalam kepala. Waahh bahaya banget yaaa…

“Itu kepala kan (pas terbentur) pasti naik turun atas bawah, takutnya itu yang bisa mengakibatkan cedera di bagian dalam. Lebih parah,” katanya.

Jadi, bila selama ini kita menyangka fungsi helm hanya melindungi kepala kita dari benturan, ternyata helm juga disertai perlindungan lanjutannya yani melindungi kepala bari getaran akibat benturan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *