Mercedes Benz Enggan Lapor Data Penjualan Pada Gaikindo

Rasoolway.com – Seperti yang kita ketahui, bahwa terjadi hubungan yang kurang harmonis antara pihak Gaikindo selaku badan yang menaungi kendaraan bermotor di Indonesia, dengan salah satu anggota mereka, yakni merek asal Jerman Mercedes Benz.

Hal ini dikarenakan karena pihak Mercy enggan memberikan laporan penjualan produk mereka kepada Gaikindo sesuai dengan kesepakatan, dimana anggota Gaikindo akan melaporkan data penjualan mereka pada Gaikindo. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Jongkie D Sugiarto, Ketua I Gaikindo.

“Kami menerima laporan dari anggota setiap bulan. Kemudian, kami melaporkan data ke pemerintah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79 tahun 2013, yang isinya kurang lebih meminta Gaikindo melaporkan data kepada instansi-instansi terkait,” kata Jongkie kepada VIVA, Selasa 30 Januari 2018.

Bermula dari itu, pihk Gaikindo memberikan teguran kepada pihak Mercy.

Terkait dengan hal ini, menurut Jongkie, salah satu alasan pihak Mercy Jerman tak menyetorkan laporan terkait dengan penjualan kendaraan mereka ialah karena menurut pihak Mercedes Benz pusat, jumlah angka penjualan merupakan hal yang berifat prbadi dan tak selayaknya di publikasikan.

“Mercedes-Benz protes lagi, yang boleh unggah (data) itu bukan Gaikindo, karena dianggap organisasi swasta. Menurut mereka, yang perlu unggah itu pemerintah. Kami dari Gaikindo enggak bisa mendikte pemerintah. Jadi, sekarang terserah deh mau gimana,” tuturnya.

Atas masalah ini, akhirnya membuat Gaikindo melakukan sedang diskusi intensif dengan pihak Mercy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *