Mesin Sulit Distarter, Jangan Langsung Salahkan Aki!

Rasoolway.com – Salah satu masalah yang kerap dialami oleh mobil adalah ketika mobil sulit untuk di starter. Ketika masalah ini datang, sebagian orang langsung mengira bahwa sulitnya mobil untuk distarter disebabkan karena adanya masalah pada bagian aki.

Namun, benarkah demikian?

Terkait dengan hal ini, Technical Operational Fast Pancoran, Muksin menyampaikan bahwa memang, masalah pada aki dapat membuat mobil sulit untuk di starter. Namun, ia juga menyebutkan bahwa mobil yang sulit di starter tak semuanya disebabkan karena aki.

“Kalau starter bunyi tetapi agak susah, itu berarti masalahnya ada di aki. Tetapi kalau distarter tidak ada tanda kontak listrik sama sekali, itu bukan di aki,” ujarnya.

Seperti miisalnya, saat mobil sulit untuk distarter, dan nampak tak ada kontak listrik sama sekali pada indikator. Hal ini mungkin saja masalah yang terdapat pada kendaraan tersebut berasal pada bagian dinamo, atau bagian lainnya.

“Bisa dari dinamo, bisa juga dari sistem mobilnya yang bermasalah. Apalagi kalau coba dikontak, semua indikator mati,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *