Mobil China Berdatangan, Mobil Korea Mulai Tenggelam

Rasoolway.com – Seperti yang kita tahu, bahwa beberapa tahun terakhir beberapa pabrikan otomotif asal China datang turut meramaikan industri otomotif tanah air. Terkait dengan hal ini, bukan tidak mungkin bahwa hadirnya pabrikan asal China akan menjadi pesaing tangguh bagi beberapa pabrikan otomotif di Indonesia.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Bebin Djuana, selakuĀ  Pengamat otomotif yang mana menyampaikan bahwa menurutnya keberadaan pabrikan China di Indonesia takboleh diremehkan. Pasalnya, mereka telah berani melakukan investasi besar-besaran di Indonesia.

“Keraguan masyarakat itu dijawab oleh mobil China yang membangun pabrik dengan investasi besar dan memproduksi mobil dengan kualitas dan fitur yang perlu diwaspadai produsen lainnya, dan saat ini sudah mulai tidak bisa dianggap sepele angka penjualannya,” kata Bebin, Jumat 6 Juli 2018.

Bahkan, berdasarkan tanggapan dari Yannes Martinus, selaku pengamat otomotif dari ITB, menyampaikan bahwa hadirnya mobil asal China dapat menenggelamkan mobil asal Korea di tanah air.

“Korea akan semakin tenggelam dalam persaingan di level low hatchback dan low MPV karena mereka tidak membangun industri perakitannya di Indonesia, sehingga secara harga tidak mungkin bersaing,” kata Yannes.

Hadirnya Wuling dan Sokon sebagai pabrikan China di Indonesia cukup membuktikan bahwa kini konsumen di Indonesia mulai menerima pabrikan asal negara Tirai Bambu tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *