Mobil Dengan Tenaga Minimalis Ternyata Juga Bisa Buat Nge-drift

Rasoolway.com – Salah satu hal yang cukup berperan dalam drifting adalah Kekuatan dan peforma dari kendaraan tersebut. Berkaitan dengan hal ini, supaya kendaraan dapat ‘ngepot’ dengan baik, tenaga, torsi, dan kekuatan ban menjadi bagian yang paling penting. Namun, apabila kendaraan kita memiliki tenaga yang kecil, bisakah untuk bersaing dengan mobil yang bertenaga yang lebih besar?

Ternyata, menurut Emmanuel Adwitya Amandio, selaku salah seorang pembalap dari Indonesia apabila kita pandai untuk memainkan traksi serta cermat melihat lintasan atau trek, bukan hal yang tidak mungkin bagi mobil bertenaga kecil sukses menyaingi mobil yang memiliki tenaga lebih besar.

“Kalau dinamo jauh lebih rendah dari lawan, maksimalin di torsi aja. Ban juga cari yang gripnya banyak,” kata Amandio kepada wartawan di kawasan SCBD, Jakarta.

Bukan cuma itu, namun menurutnya bobot mobil serta komponen pendukung lainnya juga perlu untu diperhatikan.

“Berat mobil dibuat lebih ringan saja. Jadi tidak kalah jauh nantinya dengan mobil yang punya kekuatan besar,” ucap Amandio.

“Mesin, gearbox dan gardan juga harus diperhatikan. Ini komponen utama saat ngedrift. Jangan sampai kelewatan,” tambahnya.

Pembalap tersebut, akan mengikuti ajang kejuaraan Nasional drifting, yang mana dalam kejuaraan tersebut ia akan ngepot bersama kendaraannya yakni Nissan Cefiro R 120 4 silinder, yang mana sebelumnya juga telah digunakan pada putaran pertama lalu.

“Yang lain kekuatannya sudah 1200, nah Cefiro gua masih 1000. Dibandingin di dinamo, yah masih jauh juga. Jadi gua maksimalin di torsi nanti dan kebetulan bodi mobil juga ringan. Inilah kelebihannya,” katanya.

“Kali ini fokusan gua di mobil ini yaitu di mesin, gearbox, dan gardan. Ban juga sedang dicari yang memiliki banyak grip,” tutup Amandio .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *