Mobil Diesel Lebih Tahan Terjangan Banjir, Benar atau Salah?

Rasoolway.com – Banyak taggapan yang berkambang di masyarakat yang menyebutkan bahwa mobil dengan mesin diesel aman jika digunakan untuk menerjang banjir. Benarkah hal tersebut?

Ternyata, mobil diesel yang lebih aman untuk menerjang banjir hanya berlaku pada  mobil diesel konvensional karena kendaraan tersebut tak banyak memiliki sistem kelistrikan.  Hal ini sesua dengan apa yang disampaikan oleh Dolf Valentino, selaku Workshop Head Daihatsu Pangeran Jayakarta.

“Mesin diesel itu dianggap tahan tahan banjir itu dulu, itu yang masih teknologi konvensional,” kata Dolf, Senin 4 Desember 2017.

Lalu bagaimana dengan mobil diesel keluaran baru-baru ini?

Menurutnya, mobil diesel keluaran terbaru saat ini telah di bekali dengan berbagai teknologi yang memanjakan pengendaranya. Hal tersebut membuat mobil diesel banyak terdapat rangkaian elektronik. Jika seperti ini, maka mobil diesel otomatis memiliki resiko jika menerabas banjir.

“Mobil diesel sudah canggih, dilengkapi dengan berbagai alat-alat elektronik dan ini tetap berisiko sama dengan mobil bensin,” ujarnya.

Mayoritas, mobil dengan mesin diesel dibekali dengan bodi yang tinggi besar. Namun terlepas dari hal ini, perawatan yang perlu dilakukan pada kendaraan tersebut ketika melewati banjir tak berbeda dengan mobil bermesin bensin.

“Saat melewati banjir, sebisa mungkin jangan dengan kecepatan tinggi, karena pecahan air akan dapat naik ke atas mesin. Dan, yang kita utamakan adalah lubang air cleaner jangan sampai kemasukan air dibanding lubang knalpot,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *