Mobil Hybrid Lebih Cocok di Indonesia dari pada Mobil Listrik

Rasoolway.com – Beberapa saat yang lalu, salah satu pabrikan otomotif asal Jepang di Indonesia, Mitsubishi, menyumbangkan 10 kendaraan ramah lingkungannya di Indonesia. Pemberian kendaraan listrik tersebut merupakan bentuk dukungan Mitsubishi terhadap upaya pemerintah untuk mengambangkan mobil listrik di Indonesia.

Tertarik dengan hal tersebut, Airlangga Hartarto selaku Menteri Perindustrian RI menyampaikan bahwa sampaim saat ini menurutnya jenis kendaraan ramah lingkungan yang paling cocok untuk dikembangkan di Indonesia adalah plug-in hybrid.

“Plug-in hybrid merupakan teknologi yang cocok, karena ini merupakan kombinasi antara electric vehicle dengan motor bakar,” kata Airlangga di Kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin 26 Februari 2018.

Salah satu alasannya adalah, karena sampai saat ini infrastruktur untuk kendaraan listrik sepenuhnya, di Indonesia masih belum begitu memadai. Karena itu, menurutnya lebih baik yang dikembangkan terlebih dahulu ialah kendaraan plug-in hybrid.

“Maka tipe yang paling cocok tersedia di Indonesia, adalah plug-in hybrid. Mobil ini juga bisa digunakan untuk penanganan bencana, karena mobil ini bisa menghasilkan listrik rumah tangga,” ujarnya.

Selain itu, di Indonesia kedepannya diharapkan dari semua mobil yang ada di jalanan tanah air, 20 persen diantaranya merupakan kendaraan ramah lingkungan. Jika hal tersebut tercapai, maka masalah polusi udara sedikit demi sedikit tentunya akan teratasi.

“Untuk mobil listrik kami terus mendorong, kebijakan yang dibahas terkait insentif electriv vehicle dan sedan,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *