Mobil Matik Mogok, Perhatikan hal ini dan Jangan Langsung Didorong!

Rasoolway.com – Salah satu hal yang paling dibenci orang ketika tengah mengemudikan sebuah mobil adalah ketika kendaraan roda empat tersebut mogok. Salah satu hal yang dilakukan oleh pemilik mobil ketika mobilnya mogok adalah dengan mendorongnya. Namun, khusus untuk mobil matik, perlu kehati-hatian ketika akan mendorong kendaraan tersebut.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh seorang pemilik bengkel Dunia Usaha Motor, David yang mengatakan bahwa menurutnya ada perbedaan langkah yang perlu dilakukan keytika mendorong mobil matik dibandingkan dengan yang bertransmisi manual.

“Berbeda dengan transmisi manual, pada dasarnya mendoronf mobil dengan transmisi otomatis itu enggak bisa sembarang,” ujar David ketika ditemui di bengkelnya (7/6).

“Kalau memang jarak dekat atau sekedar memindahkan mobil ke bahu jalan boleh saja menggunakan posisi transmisi N,” sambungnya.

Pria tersebut juga menambahkan, bahwa menurutnya, mendorong mobil bertransmisi matik akan memberikan pengaruh buruk pada beberapa bagian komponen kendaraan tersebut.

“Tentu berisiko terhadap komponen kendaraan, seperti planetary gear dan converter torque. Kedua komponen ini bisa mengalami keausan karena tidak mendapatkan pelumasan dengan baik saat roda bergerak dalam keadaan mesin mati,” jelas David.

Karena itu, ia lebih menganjurkan pemindahan mobil matik yang mogok menggunakan derek gendong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *