Mudik Dengan LCGC, Boleh Apa Tidak?

Rasoolway.com – Sampai saat ini, mobil menjadi kendaraan yang dipilih oleh seseorang ketika ingin mudik dengan mobil pribadi. Terkait dengan hal ini, lalu apakah semua jenis mobil, termasuk LCGC aman digunakan untuk bermudik?

Menjawab hal ini, Jusri Pulubuhu, selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) menyampaikan bahwa semua jenis mobil, termasuk LCGC sejatinya boleh-boleh saja digunakan untuk mudik ke kampung halaman.

“Selama bentuknya masih mobil ya enggak masalah dipakai untuk perjalanan seperti mudik. Untuk masalah keamanan saya yakin pabrikan sudah merancang kendaraan itu sebaik mungkin dengan sebuah standarisasi yang berlaku,” kata Jusri saat dihubungi, Sabtu 9 Juni 2018.

Tetapi, karena mudik biasanya akan menempuh jarak yang jauh, serta ditambah lagi akan bermacet-macetan, maka faktor kenyamanan menjadi hal yang tak kalah untuk di perhatikan oleh mereka yang bermudik. Terkait dengan hal ini, terkait dengan masalah kenyamanan ia tang menampik jika LCGC kalah nyaman jika dibandingkan dengan MPV.

“Tapi memang kendaraan semacam LCGC itu lebih cocok untuk commuter atau aktivitas harian di dalam kota, misalnya di lalu lintas yang padat, kemudian masuk keluar gang atau jalan sempit karena mobil ini memiliki desain compact,” kata dia.

Karena hal itu, jika menggunakan LCGC untuk bermudik dengan banyak bawaan, kemungkinan besar kenyamanan penumpang akan terganggu. Pasalnya, secara ukuran saja MPV lebih besar dibandingkan LCGC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *