Nekat terobos Banjir? Hati-hati Mobil Rusak!

Rasoolway.com – Saat ini, curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia memang masih cukup tinggi. Hal ini tentunya membuat beberapa daerah yang rawan banjir seperti Jakarta mulai ada beberapa yang sudah tergenang air.

Terkait dengan hal ini, Bagi anda pemilik kendaraan, khususnya mobil di imbau untuk tidak nekad untuk menerobos banjir apa bila genangaan banjir itu mulai mencapai setengah roda mobil. Hal ini dilakukan, supayaa kendaraan anda tidak mengalami kerusakan.

Seperti yang disampaikan oleh Didi Ahadi, selaku Dealer Techical Support TAM, bahwa kerusakan apat terjadi karena air masuk banjir ke bagian mesin mobil. Yang perlu diketahui, bahwa aair kemungkinan juga dapat masuk ke dalam mesin melalui cipratan ataau gelombang yang terjadi karena pergerakan kendaraan lainnya.

“Walaupun ketinggian air masih di bawah roda, tapi potensi air masuk ke mesin bisa saja terjadi dari gelombang yang ditimbulkan kendaraan lain dari arah berlawanan,” kata Didi, Senin (5/1/2018),

Pria tersebut juga menyampaikan bahwa ‘water hummer’ dapat terjadi pada kendaraan anda karena air yang masuk melalui grill dan kemudian menggenangi mesin.

Apa itu water hummer?

Water hummer merupakan keadaan yang mengakibatkan mesin mobil mati mendadak yang diakibatkan dari masuknya air ke ruang pembakaran melalui saluran udara dan mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder oleh piston.

Untuk itu, pria tersebut menyampaaikan bahwa alangkaah baiknyaa sebagai pengendara yang bijak kita tidak nekad untuk melewati jalanan yang telah tergenang oleh banjir.

“Lebih baik cari jalan lain dan jangan memaksakan kendaraan untuk menerobos banjir,” ujar Didi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *