Ngantuk Saat Nyetir di Bulan Puasa, Ini Solusinya!

Rasoolway.com – Seperti yang kita tahu, bahwa di saat melakukan ibadah puasa, terkadang kita akan merasa mengantuk saat mengendarai kendaraan. Hal ini tentunya sangat berbahaya, karena dapat mengancam keselamatan dari dirikita sendiri dan orang di sekitar kita.

Lalu, adakah tips untuk mengatasi rasamengantuk saat menyetir, terutama di saat kita tengah menjalankan ibadah puasa?

Terkait dengan hal ini, ternyata ada 3 tips yang diberikan oleh Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting untuk mengatasi rasa kantuk saat menyetir. Tips pertama, menurutnya yang perlu dilakukan ialah untuk menerapkan pola tidur yang baik.

“Ada kewajiban yang harus dilakukan, yaitu tarawih kemudian sahur. Jadi harus diatur sedemikian rupa sehingga lebih optimal. Seperti habis tarawih setelah makan bisa langsung beristirahat,” ujar dia, Kamis 17 Mei 2018.

Selanjutnya, ia juga menganjurkan supaya selama bulan puasa, sebaiknya konsumsilah makanan yang sarat gizi disaat berbuka maupun sahur.

“Untuk aktivitas fisik yang memerlukan konsentrasi, maka harus diperhatikan karbohidrat, protein dan lemak. Tak lupa air, atau bisa diambil dari buah-buahan, sehingga tidak dehidrasi,” tuturnya.

Lalu, yang ketiga, upayakan saat berkendara jangan sampai melamun, maupun berpikiran kosong. Usahakan otak kita tetap beerja sehingga konsentrasi dapat tetap terjaga.

“Yang ketiga orang mudah melamun dan mengantuk saat berkendaraan berpuasa. Usahakan selalu menstimulus otaknya dan harus menganalisa sehingga mengetahui orang menyeberang atau mobil dan motor berhenti mendadak,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *