Oli Balap Tidak Boleh Digunakan Pada Kendaraan Harian?

Rasoolway.com – Meningkatnya minat dan popularitas motor sport di Indonesia, berdampak pula dengan meningkatnya pula industri dari unsur pendukungnya seperti oli. Saat ini telah banyak pabrikan oli yang sengaja membuat produk yang dikhususkan untuk motor sport atau motor racing.

Lalu, dikhususkan untuk motor racing, berdampakkah oli itu jika di gunakan untuk motor biasa?

Menjawab persoalan tersebut, Ivan Rastianto, Marketing Manager Evalube, mengatakan bahwa sebaiknya kendaraan apapun diberikan oli yang sesuai di anjurkan atau direkomendasikan oleh pabrikannya.

“Ada rekomendasi motor 10W-30, lalu menggunakan 5W-30. Mubazir, ngapain? Jadi terlalu encer, dan akan berpengaruh terhadap mesin,” jelas Ivan saat ditemui di SCBD, Sudirman, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Menurut pria tersebut, dampak dari penggunaan oli yang terlalu encer untuk kendaraan yang dipakai sehari-hari akan berdampak kepada kendaraan tersebut akan mudah panas. Namun meski demikian, ia menyebut tak ada pengaruh yang terlalu banyak.

“Kalau untuk balapan memang harus putaran tinggi, jadi bisa saja oli racing buat harian, tapi tidak berpengaruh banyak terhadap performa mesin. Sudah mahal, tapi mesin tidak optimal,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *