Penting, Cek Kesehatan Kendaraan Sebelum Berangkat Mudik!

Rasoolway.com – Tak lama lagi, kita akan memasuki momen musik lebaran. Dalam melakukan mudik, sebagian orang ada yang memilih menggunakan sarana transportasi umum, namun tidak sedikit juga yang memilih dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi anda yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi saat bermudik, maka beberapa hal harus anda persiapkan sebelum berangkat mudik, supaya perjalanman anda tetap lancar.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Didi Ahadi, Diler Technical Support PT TAM yang menganjurkan supaya para pemudik harus benar-benar memastikan kendaraan mreka dalam kondisi yang prima sebelum berangkat mudik. Terkait dengan hal ini, pergantian oli serta beberapa komponen lain perlu untuk diperhatikan.

“Yang sudah mencapai 15 ribu kilometer periksa saja oli mesinnya, karena oli perlu diganti lagi jika sudah lebih dari enam bulan (10 ribu kilometer), hanya sebatas pemeriksaan,” kata Didi, Senin, 28 Mei 2018.

“Penggantian parts itu jika mobil sudah menginjak jarak tempuh 40 ribu dan 80 ribu kilometer hampir semua diganti seperti saringan udara, minyak rem, filter ac, oli mesin, kampas rem, dan lainnya,” ujarnya.

Disisi lain, disampaikan oleh Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Daihatsu Astra Motor yang juga menyarankan supaya sebelum berangkat bermudik, pemilik kendaraan harus memberikan penanganan khusus bagi kendaraan yang akan diajak dalam perjalanan juh.

“Enggak perlu ganti oli lagi jika sudah diganti pada 10 ribu kilometer, jika kampungnya enggak akan lebih dari 5 ribu kilometer. Meski prinsipnya kondisi mudik lebih rentan, karena jalan yang macet, tapi mudik di Indonesia ke Bali saja baru 2.000 kilometer,” tutur dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *