Perawatan Mobil Agar Jarang Masuk Bengkel

Pada kesempatan yang baik kali ini kami akan membagikan beberapa informasi menarik tentang tips atau cara merawat mobil kesayangan Anda agar jarang masuk ke bengkel, dengan melakukan sejumlah periksanaan yang sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri, sehingga juga bisa memperpanjang umur mobil Anda. Pemeriksaan ini juga akan dapat memastikan pengoperasian yang jauh lebih aman dan juga ramah pada lingkungan.

Tips perawatan mobil

  • Walaupun mobil Anda masih dalam garansi, Anda juga tak diharuskan kembali ke dealer untuk perawatan terjadwal. Anda bisa pilih bengkel yang dipercaya dengan harga miring tanpa harus membatalkan garansi.
  • Oli dan juga filter ini harus diganti sesuai yang tercantum di dalam manual kendaraan. Umumnya oli dan juga filter tersebut harus diganti di setiap 4.000 mill jika menggunakan oli mesin konvensional, dan juga setiap 6.000 mill apabila menggunakan oli mesin sintetis.
  • Pastikan juga semua oli sudah diperiksa, termasuk halnya oli rem, transmisi, dan juga power steering. Semua cairan ini memainkan peranan penting di dalam keselamatan dan juga kinerja kendaraan Anda.
  • Periksa juga ban setiap satu bulan sekali. Ban yang kemps bisa sebabkan berkurangnya efisiensi bahan bakar dan juga memperpendek umur ban mobil Anda.
  • Pastikan juga mesin mobil Anda selalu di tune up. Busi yang kotor bisa kurangi efisiensi bahan bakar sampai dengan 30 %.
  • Sasi haruslah sering dilumasi. Langkah tersebut juga akan memperpanjang umur komponen yang bergerak di sistem suspense kendaraan.
  • Pastikan juga aki, kabel, dan juga komponen listrik lainnya terbebas dari kotoran serta karat. Selain itu, periksa juga sistem pencahayaan termasuk halnya lampu depan, lampu rem, sein, serta lampu belakang.
  • Periksa bila wiper apabila terdapat retakan atau pun kerusakan lainnya, maka Anda bisa mengganti wiper ini setidaknya setiap satu tahun sekali, atau pun lebih cepat apabila sudah mulai menggores kaca depan.
  • Periksa juga timing belt serta selang-selang mesin. Periksa apabila ada kerusakan atau pun bagian yang telah hilang serta aus. Jangan lupa juga untuk memeriksa sistem penyariangan udara. Seringan udara ini haruslah diperiksa kira-kira setiap 2 kali ganti oli guna membersihkan kotoran dan juga sumbatan.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan tentang perawatan mobil agar jarang masuk bengkel. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *