Punya Skuter Matik, Awas, Jangan Ngegas Sambil Ngerem!

Rasoolway.com – Saat ini, kendaraan skuter matic memang menjadi segmen kendaraan roda dua yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Alasannya adalah, dalam pengoperasiannya skuter matik jauh lebih mudah karena pengendara tak lagi harus mengganti gigi saat berada di tengah perjalanan. Hal ini tentunya membuat angka penjualan sepeda motor matic di tanah air menhalami lonjakan.

Tetapi, meski begitu tetap banyak pengendara skutik yang tergolong tak paham, bahkan salah kaprah dalam mengendarai kendaraan dengan model seperti itu. Salah satu contohnya ialah banyaknya pengendara yang mengerem sambil menarik gas.

“Kalau saya perhatiin, di jalan masih ada yang seperti itu, terutama yang masih belajar berkendara,” kata Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusuma saat ditemui di tempat kerjanya di bilangan Dewi Sartika, Jakarta Timur, Selasa (2/1/2018).

Dikatakan oleh pria tersebut, menarik gas bersamaan dengan mengerem akan menimbulkan dampak negatif seperti ausnya kampas kopling otomatis karena sering mengalami gesekan dengan mangkoknya.

“Karena kalau terus bergesekan dengan mangkoknya akan cepat habis kampas koplingnya,” kata Rendra.

Karena itu, pria tersebut menyarankan supaya pengendara harus berkendara dengan benar. Jangan sampai menarik gas, dalam waktu yang bersamaan sembari menarik rem. Lebih baik berkendara pelan, namun tak diiringi dengan pengereman, dari pada harus berken dara dengan kecepatan kencang namun tangan selalu menarik tuas rem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *