Rem Mobil Blong? Mungkin Ini Penyebabnya

Rasoolway.com – Sistem pemberhenti (pengereman) merupakan salah satu komponen terpenting dalam kendaraan. Hal ini dikarenakan, adanya masalah pada komponen tersebut akan memberikan dampak yang sangat berbahaya, baik bagi pengendara kendaraan tersebut, maupun pengendara di sekitarnya.

Terkait dengan pentingnya rem, banyak pihak yang menyampaikan pendapatnya bahwa rem seharusnya diberikan perawatan khusus untuk menjaga performanya supaya selalu prima.

Namun, apa sebenarnya yang membuat rem (khususnya mobil) kerap kali menjadi blong?

Menjawab pertanyaan tersebut, David, pemilik Bengkel Dunia Usaha Motor yang terletak di kawasan Tangerang menyampaikan bahwa sebenarnya rem mobil yang kehilangan performanya (blong) dapat diakibatkan karena beberapa hal.

“Biasanya disebabkan karena friction atau pergesekan material atau kampas rem yang overheat, sehingga koefisien friction menurun,” ucap David,  ketika diwawancarai, Minggu (29/1) lalu.

Pria tersebut menyampaikan bahwa minyak rem yang terlalu panas, atau yang biasa disebut dengan overheat berpotensi membuat rem mobil jadi blong. Selain itu, ada juga hal lain yang dapat membuat rem kehilangan performanya.

“Bisa jadi karena slider macet, piston macet, tekanan hidraulis tidak turun kembali, dan sliding area pad macet, merupakan sebagian sumber penyebabnya,” jelas Hening.

Karena itu, ia menambahkaan bahwa sangat dianjurkan bagi pemilik kendaraan untuk memberikan perawatan khusus pada bagian tersebut. Biasanya, blongnya rem karena hal-hal diatas terjadi karena pemilik kendaraan tak memberikan perawatan pada bagian pengereman secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *