Rencana Pemerintah Mengenai Industri Otomotif Kedepannya

Rasoolway.com – Sampai sekarang, Industri otomotif di Indonesia mencapai satu abad. Lalu, melihat hal ini bagaimana gambaran dari pemerintah mengenai perkembangan industri otomotif di waktu mendatang?

I Gusti Putu Suryawirawan, selaku Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian menyampaikan bahwa kedepannya pemerintah memiliki rencana yakni harus layak dan searah.

“Dan visi kita tercapai yaitu investasi, lapangan kerja, dan meningkatkan daya saing ekspor,” ujarnya, di acara Satu Abad Industri Otomotif Indonesia, di Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Selain itu, pemerintah mengisyaratkan bahwa pada masa depan mereka berharap kalau para pelaku industriĀ  lebih ramah lingkungan. “Semua tuntutannya green (penghijauan),” kata Putu.

pemerintah juga akan mengupayakan pemerataan industri otomotif sampai ke daerah-daerah terpencil. “Tuntutannya otomotif harus masuk ke daerah-daerah, agar merata, industri harus ada di daerah,” lanjut Putu.

Pemerintah juga akan mengupayakan kendaraan yang sangat efisien terhadapĀ  bahan bakar (LCGC) terus di gencarkan. “Maka kita buat program baru bernama LCEV (Low Carbon Emission Vehicle), sebagai kelanjutan LCGC atau overlapping kendaraan yang lebih besar,” papar Putu.

Bukan cuma kendaraan berbentuk mobil, rencana dari emerintah juga mencakup kendaraan roda dua atau sepeda motor. “Roadmap juga melibatkan R&D industri untuk ke depannya paling tidak melakukan riset. Hanya sampai saat ini belum siap insentifnya,” pungkas Putu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *