Saat Mobil Diparkir Di Luar, Wiper Harus Posisi Diangkat?

Rasoolway.com – Dikala berkendara saat hujan, keberadaan wiper mobil sangat berguna. Yups, bagian ini memiliki fungsi untuk mengelap kaca yang buram karena guyuran air hujan. Dilihat dari fungsinya yang membantu pandangan pengemudi supaya tetap jelas, maka wiper memiliki peran yang cukup penting dalam hal keselamatan berkendara.

Karena hal tersebut, Wiper sudah selayaknya untuk menapatkan perawatan dari pemilik kendaraan supaya performanya tetap terjaga.

Terkadang kita sering menjumpai mobil yang diparkir di outdoor kemudian posisi wiper-nya diangkat. Hal ini sebenarnya ditujukan untuk menghindarkan karet wiper dari sengatan sinar mataahaari yang begitu terik. Lalu benarkh sebenarnya tindakan tersebut?

Menjawab hal tersebut, Didi Ahadi Dealer Techical Support TAM menyampaikan bahwa sejatinya, perusahaan telah merancang wiper memang dapat menahan dari teriknya sinar matahari. Namun, terkait dengan mengangkat wiper ketika akan ddi parkir secara outdoor juga menurutnyaa bukan merupakan hal yang salah.

“Sebenarnya wiper sudah didesain seperti itu. Tapi memang biasanya diangkat tujuannya supaya karet tidak mengeras,” kata Didi

Yang jelas, baik mengangkat wiper maupun tidak saat parkir, jika memang masa paainya sudah habis maka wiper selayaknya sudah harus mengalami pergaantian. Biasanya tiap perusahaan telah memiliki batas sendiri-sendiri dalam hal pergantian wiper.

“Menurut saya setiap enam bulan sekali lah diganti. Dan kalau sudah rutin diganti, tidak diangkat saat parkir juga tidak apa-apa,” ujar Didi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *