Surat Kepemilikan Garasi Akan Menjadi Syarat Membeli Kendaraan?

Rasoolway.com – Kini, di DKI Jakarta akan diterapkan mengenai peraturan yang mewajibkan pemilik mobil harus memiliki garasi. Peraturan ini didasari oleh Perda No 5 Tahun 2014, yang isinya adalah tentang kewajiban memiliki garasi sebelum memutuskan untuk membeli mobil.

“Memang sudah sejak tiga tahun lalu (terbit Perda itu), tapi sekarang kita mau menyosialisasikan ini secara keseluruhan,” ujar Kepala Dishub Andri Yansyah di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2017).

Untuk itu, pihak Perda saat ini mulai gencar melakukan sosialisasi terkait akan diberlakukannya aturan tersebut. Sosialisasi ini turut didukung dan dibantu oleh dinas perhubungan setempat. Tidak hanya itu, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat juga mengharapkan supaya warga dapat taat dengan peraturan ini.

“Ini bukan membatasi kepemilikan (kendaraan) tapi harap patuh terhadap aturan. Nggak benar tuh yang seperti itu (membeli mobil tapi belum miliki garasi). Beli mobil atau motor ya harus sediakan juga garasinya,” kata Djarot.

Nantinya, dengan aturan ini bagi siapapun yang akan melakukan pembelian terhadap produk otomotif khususnya mobil, harus sudah mempunyai garasi. Dengan kenyataan ini bagi anda yang akan membeli mobil diwajibkan meminta surat kepemilikan garasi pada kelurahan setempat. Nantinya surat ini senjadi salah satu syarat untuk diterbitkannya STNK.

“Mereka (calon pembeli kendaraan) harus punya surat keterangan memiliki garasi dari kelurahan dulu sebelum beli kendaraan nanti,” papar Djarot.

“Sebenarnya tidak boleh dapat STNK (mobil yang tak ada garasinya). Tapi kalau seumpamanya dipaksa sekarang dia dapat STNK, begitu diparkirkan di badan jalan itu harus kita derek,” pungkas Andri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *