Tanggapan Gaikindo Soal Perombakan Pajak Sedan

Rasoolway.com – Saat ini, kabarnya pihak Pemerintah Indonesia sedang merombak besaran pajak bagi sedan. Terkait dengan hal ini, Gaikindo menyampaikan bahwa para pabrikan otomotif saat ini cukup antusias menunggu kebijakan tersebut.

Hal ini seperti yang dikarakan oleh Yohanes Nangoi sebagai ketua dari asosiasi merek kendaraan bermotor di Indonesia dalam menanggapi revisi pajak yang tengah digarap oleh Kementrian Perindustrian tersebut.

“Pajak sedan itu jadi satu dengan harmonisasi tarif yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Perindustrian. Harmonisasi tarif ini harus meminta restu dari Kementerian Keuangan,” kata Nangoi kepada wartawan di Jakarta.

“Saya tahu masih bekerja bersama dengan Kementerian Keuangan menggarap ini, kalau ditanya sampai kapan selesai, ya saya enggak mengerti, karena saya bukan orang pemerintahan.”

Yohanes Nangoi juga merasa yakin, walau pajak sedan nantinya benar-benar berubah, hal itu tak akan berimbas menimbulkan kerugian pada keuangan negara. Pasalnya, turunnya besar pajak pada sedan pastinya akan disesuaikan dengan produk lainnya.

“Sebenarnya (pajaknya) itu bukan diturunkan, tetapi diharmonisasi. Kalau diharmonisasi, saya melihat hitungan kasarnya, ada yang jadi naik dan ada yang turun. Dengan itu harusnya pendapatan pemerintah itu tetap naik,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *