Tanggapan Menperin Terkait Berdatangannya Pabrikan Otomotif Baru Ke Indonesia

Rasoolway.com – Airlangga Hartarto, sebagai menteri Perindustrian RI menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan di dunia Industri yang cukup pesat. Salah satu yang memicu terjadinya hal tersebut ialah semakin kesini banyak pabrik yang mulai tertarik untuk bermain di pasar Indonesia.

Dan dari semua Industri yang ada di Indonesia, Industri otomotif menjadi salah satu pendukung terbesar. hal ini juga tentunya salah satunya dikarenakan banyakan merek baru yang memutuskan untuk mencicipi pasar otomotif di Indonesia.

“Kalau kita lihat secara keseluruhan industri di triwulan ketiga, itu pertumbuhannya meningkat yakni 5,49 di mana pertumbuhannya di atas pertumbuhan ekonomi rata-rata. Sedangkan untuk industri otomotif sendiri itu kontribusi pasarnya 1,25 juta (domestik) dan ekspor 250 ribu,” kata Airlangga di Serang, Banten.

“Namun hal itu tentu masih bisa berubah dan berkembang, yakni dengan adanya pabrik yang langsung dipersiapkan untuk ekspor. Maka, kami mengharapkan industri ini bisa meningkatkan kekuatan Indonesia di bidang industri otomotif karena otomotif, merupakan salah satu kekuatan Indonesia di pasar ASEAN,” lanjutnya.

Beberapa waktu lalu mungkin kita tahu bahwa salah satu pabrikan asal China, yakni Wuling memutuskan untuk membangun pabriknya di Indonesia. hadirnya Wuling ternyata di ikutu oleh pabrikan asal China lainnya yakni DonFeng Sokon, melalui PT Sokonindo Automobile.

“Maka kami harapkan dengan diresmikannya pabrik ini (Sokonindo) dapat meningkatkan kekuatan Indonesia di bidang otomotif,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *