Turunnya Pamor Sedan di Indonesia Pengaruhi Kegiatan Ekspor

Rasoolway.com – Memang, jika diamati, makin kesini penjualan sedan di Indonesia memang semakin mengalami penurunan. Akhirnya dengan begitu tentunya akan mengganggu kegiataan ekspor dari kendaraan tersebut. Perlu diketahui bahwa sedan menjadi salah satu model yang paling diminati oleh pasar global selain segmen SUV.

“Jadi kita ini tidak bisa masuk ke pasar yang besar itu karena tidak ada produksinya di sini,” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan, kepada wartawan, di ICE, BSD, Tangerang.

Akhirnya, demi mengangkat pamor sedan, Pemerintah rencananya akan menerapkan berbagai kebijakan. Sebagai contoh kebijakan tersebut ialah membuat pajak yang dibebankan kepada mobil sedan tidak terlalu tinggi.

“Supaya sedan itu diproduksi lagi di sini. Dengan adanya produksi sedan di sini kita punya basis produksi, kita punya volume, dari volume itu baru meningkat ke ekspor,” tuturnya.

Basis lokal pembuatan sangat penting, mengingat denngan begitu industri akan memiliki konten lokal “Logikanya seperti itu. Kan kita mengharapkan supaya ekspor ini meningkatkan konten lokal,” kata Putu. .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *