Tutup Pentil, Kecil Tapi Manfaatnya Besar

Rasoolway.com – Memang, selama ini pemilik sepeda motor kerap kali menganggap sepele peran dari tutup pentil ban. Padahal, meskipun ukurannya kecil benda ini memiliki fungsi yang cuup penting lho…

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM) yang menjabarkan dua fungsi penting dari tutup pentil.

Fungsi tutup pentil yang pertama adalah untuk membuat tekanan udara pada ban tetap stabil. Maksudnya, tutup pentil menghalangi udara yang berada didalam ban untuk keluar. Dengan begitu ban tak akan gampang kempes.

“Fungsi tutup pentil yang pertama, ialah untuk menjaga tekanan di dalam ban agar tetap stabil (tidak mudah kempes). Sehingga nyaman digunakan,” kata Ade.

Selanjutnya, fungsi lain dari tutup pentil adala untuk menghalau kotoran dari luar untuk masuk kedalam ban. Perlu diketahui, tanpa tutup pentil ban akan berpotensi kemasukan debu atau kotoran yang nantinya akan membuat bagian tersebut mengalami korosi.

Sampai saat ini, banya tutup pentil ban yang dijual di pasaran dan memiliki bentuk-bentuk yang berbagai ragam yang membuat kendaraan makin keren dan kekinian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *