Anak Sekolah Mendominasi Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia

Rasoolway.com – Tingginya angka kecelakaan di Indonesia, mayoritas memang disumbangkan dari para pemuda yang masih duduk di bangku sekolah. Berdasarkan data, di lima bulan pertama tahun ini, di Indonesia terjadi sebanyak 37.204 kejadian kecelakaan. Dari data tersebut, 9.034 jiwa diantaranya bahkan harus meninggal dunia.

Terkait dengan data tersebut, kebanyakan kecelakaan terjadi saat waktu masih berada di jam sekolah, terutama kecelakaan tersebut terjadi pada saat jam masuk dan pulang ke sekolah.

“Kejadian kecelakaan banyak saat jam sekolah, pergi dan pulang sekolah. Dari Januari sampai Mei 2017, angkanya lumayan 2.000-an kejadian di seluruh Indonesia,” jelas AKBP Aldo Siahaan, Kasi Kemitraan Subdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri, di konferensi pers Michelin Safety Academy, di Jakarta Selatan, Rabu (4/10/2017).

Masih berdasarkan data, anak usia SMP-SMA (15 sampai 19 tahun) mendominasi pada pihak yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. Dimana jumlah jiwa yang terlibat mencapai hampir 60 rb jiwa yang tergolong siswa SMP dan SMA)

“Pengendara pemula rentan terlibat dalam pelanggaran lalu lintas, dan kecelakaan lalu lintas jika mereka tidak diperkenankan bagaimana etika berkendara yang baik dan benar, atapun mereka tidak memahami peraturan lalu lintas. Jadi, sayangi nyawa kalian,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *