Apa Saja Penyebab Pengajuan Kredit Ditolak?

Rasoolway.com – Kalian yang ingin membeli mobil baru, namun belum ada uang yang cukup untuk membeli secara kontan biasanya akan memilih untuk membeli mobil baru tersebut secara kredit. Namun pastinya ada berbagai persyaratan dan prosedur yang harus dilakukan agar dapat membeli mobil secara kredit. Namun, karena suatu hal dapat membuat kredit itu tidak bisa di kabulkan.

“Setidaknya ada faktor utama yang menjadikan pengajuan kredit mobil baru ditolak. Pertama pendapatan harus sesuai, cicilan maksimal 1/3 dari pendapatan calon konsumen. Jika tidak sesuai, ya kami tolak. Dan yang kedua apakah dia (calon konsumen) mampu membayar uang muka,” ungkap Hafid Hadeli, Director Sales and Distribution Adira Finance yang OtoDriver temui Rabu (12/4) lalu.

Lalu, faktor apa sajakah yang dapat membuat suatu kredit tidak dapat dikabulkan?

Inilah beberapa faktor yang membuat kredit tidak dapat dikabulkan:

1. Tidak Bisa Membayar DP
Pada zaman dulu mungkin kita dipermudah dengan harga DP yang dapat dibilang murah, bahkan beberapa yang tak perlu memberikan DP. Kini dengan adanya peraturan yang menyebutkan bahwa DP minimal adalah 30% dari harga barang, kini semakin banyak lembaga yang sangat ketat dalam menerapkan peraturan tersebut. Dengan anda tidak membayar sesuai dengan DP yang di tetapkan, maka dapat dipastikan pengajuan kredit anda akan gagal.

2. Pendapatan Tidak Mencukupi
Saat anda ingin melakukan kredit, gaji anda harus dicantumkan dalam permohonan tersebut. Berdasarkan peraturan, besarnya cicilan maksimal adalah sepertiga dari gaji anda. Jika gaji anda tak mencukupi berdasarkan persyaratan itu, maka permohonan kerdit tersebut tak dapat dikabulkan.

3. Punya Rekam Jejak yang Buruk
Biasanya, Tim Survei leasing akan menelusuri treck record dari pengaju kredit. Jika riwayat pengaju kredit memiliki catatan yang buruk seperti sering telat dalam pembayaran, maka pengajuan kredit tersebut tidak akan dikabulkan.

4. Persyaratan Tidak Lengkap
Saat anda mengajukan kredit, Pihak leasing mewajibkan Anda untuk menyerahkan berbagai dokumen seperti KTP sampai slip gaji sebagai syarat wajib untuk pendataan. Dengan anda tidak menuruti persyaratan yang diberikan tersebut, biasanya anda akan sulit dalam melakukan kredit tersebut.

5. Memberi data palsu
Jika anda kedapatan memberikan data palsu, maka kredit itu pasti akan ditolak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *